• Sabtu, 2 Juli 2022

Paladium Menjadi Logam Mulia Sangat Prospektif ke Depan

- Senin, 4 April 2022 | 10:15 WIB
Paladium jadi logam mulia yang paling apik kinerjanya setelah berhasil menguat hingga 17,92% pada periode tersebut. Kemudian disusul oleh perak yang tercatat harganya naik sebesar 7,49%. (Istimewa)
Paladium jadi logam mulia yang paling apik kinerjanya setelah berhasil menguat hingga 17,92% pada periode tersebut. Kemudian disusul oleh perak yang tercatat harganya naik sebesar 7,49%. (Istimewa)

CeritaDepok.Com, Jakarta - Logam mulia berhasil mencatatkan kinerja yang mengkilap sepanjang kuartal I-2022. Paladium jadi logam mulia yang paling apik kinerjanya setelah berhasil menguat hingga 17,92% pada periode tersebut. Kemudian disusul oleh perak yang tercatat harganya naik sebesar 7,49%.

Lalu, emas berhasil mengalami kenaikan harga hingga 5,90% pada tiga bulan pertama di tahun ini. Terakhir, terdapat platinum yang harganya mengalami kenaikan sebesar 3,02%.

Founder TraderIndo Wahyu Laksono menjelaskan, apiknya kinerja paladium tidak terlepas dari adanya konflik Rusia-Ukraina. Hal ini dikarenakan Rusia merupakan eksportir terbesar paladium, sehingga berbagai sanksi ekonomi yang diterima Rusia telah mengganggu suplai paladium dari Rusia. 

Baca Juga: Deretan Kosa Kata Bahasa Arab Populer Sambut Ramadhan 2022

“Di saat bersamaan, permintaan terhadap paladium terus meningkat seiring pemulihan ekonomi telah menggenjot kembali produksi mobil listrik. Paladium sendiri merupakan salah satu bahan baku penting untuk pembuatan mobil listrik,” jelasnya kepada Kontan.co.id, Jumat (1/4/2022).

Selain itu, terlepas dari faktor konflik Rusia, Wahyu menyebut permasalahan terganggunya rantai pasokan global juga menjadi penyebab tidak seimbangnya pasokan dan permintaan paladium. Apalagi, dengan tingginya angka inflasi telah memicu kenaikan harga pada sektor logistik, transportasi, hingga biaya produksi lainnya. 

Jadi secara fundamental, ia melihat harga paladium memang sejatinya berada dalam tren kenaikan, terlepas dari adanya konflik Rusia. Oleh karena itu, Wahyu melihat ke depannya paladium masih punya potensi untuk terus melanjutkan kenaikan harga. Terlebih lagi dengan semakin masifnya industri mobil listrik di masa yang akan datang.

Baca Juga: Link Murottal Al-Qur'an 30 Juz Tanpa Harus Download Tinggal Klik Play

“Ke depannya, permintaan terhadap paladium sebagai perhiasan juga terus akan meningkat. Ditambah lagi, para peneliti juga menemukan bahwa paladium punya banyak kegunaan dalam penerapan biomedical,” imbuh Wahyu.

Sementara untuk logam mulia lain, Wahyu melihat konflik Rusia masih akan jadi peranan penting karena berpotensi membuat emas sebagai safe haven dan bisa mengangkat harganya. Selain itu, sikap para bank sentral mengenai kenaikan suku bunga acuan di tengah tingginya inflasi juga bisa memengaruhi harga emas dan perak. 

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Sumber: Kontan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Naik Rp 5.000 di Awal Minggu Ini

Senin, 18 April 2022 | 10:52 WIB

Informasi Harga Emas Antam Sabtu 16 April 2022

Sabtu, 16 April 2022 | 14:32 WIB
X