• Sabtu, 10 Desember 2022

Pentingnya Mesin Pencacah Rumput Untuk Peternak Sapi Dan Kambing

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 14:15 WIB
Keberadaan mesin pencacah rumput menjadi faktor pendukung utama kesuksesan Anda mengatasi masalah peternakan soal pakan. (Satrio Nusantoro)
Keberadaan mesin pencacah rumput menjadi faktor pendukung utama kesuksesan Anda mengatasi masalah peternakan soal pakan. (Satrio Nusantoro)

CeritaDedpok.Com, Depok - Punya peternakan sapi atau peternakan kambing? Atau punya usaha penyedia pakan-ternak">pakan ternak? Kalau punya, Anda harus beli mesin pencacah rumput. Di dunia peternakan, mesin pencacah rumput ini sangat besar fungsinya. Biar lebih jelasnya, Anda simak ulasan berikut tentang fungsi mesin pencacah rumput ini.

Begini, sudah jadi rahasia umum kalau salah satu hal yang paling penting dalam operasional usaha peternakan adalah suplai pakan yang cukup. Nah, kalau hewan ternaknya adalah sapi atau kambing, berarti Anda harus punya suplai rumput yang cukup, benar kan? Oleh karena itu, keberadaan mesin pencacah rumput menjadi faktor pendukung utama kesuksesan Anda mengatasi masalah peternakan soal pakan.

Dan Anda pasti sudah tahu bahwa kedua jenis hewan ternak itu akan membutuhkan suplai pakan berupa rumput gajah, daun tebu dan daun jagung. Banyak riset membuktikan bahwa semua jenis pakan tadi memiliki manfaat yang besar bagi ternak. Kandungan nutrisinya sangat baik bagi hewan ternak.

Baca Juga: Cara Pemberian Pakan Untuk Sapi Potong Agar Gemuk Maksimal

Sementara itu, para ahli peternakan juga meyakini bahwa pencampuran pakan buatan dengan pakan alami ini jauh lebih baik ketimbang bila ternak hanya mendapatkan suplai pakan non alami.

Cuma yang menjadi masalah adalah ketiga jenis pakan tadi itu bentuknya besar-besar. Dan bagi Anda yang punya peternakan ukuran yang besar, pasti akan kerepotan. Masalahnya simpel… pakan tersebut sering berantakan dan tersisa di wadah pakan-ternak">pakan ternak. Pemborosan kan? Bisa-bisa membuat manajemen usaha Anda jadi buruk.

Keberadaan mesin pencacah rumput menjadi faktor pendukung utama kesuksesan Anda mengatasi masalah peternakan soal pakan. (Satrio Nusantoro)

Maka dengan kehadiran mesin pencacah rumput gajah, Anda bisa “menyulap” rumput yang besar-besar tadi menjadi cacahan kecil-kecil yang akan memudahkan ternak untuk memakan semua pakannya. Cara ini jelas lebih efisien. Ternak mendapatkan seluruh porsi makannya tanpa sisa, peternak juga tidak perlu membuang sisa makanan. Apalagi tidak jarang peternak yang memenuhi kebutuhan pakan ternaknya dengan membeli.

Baca Juga: Tips Menjaga Kebersihan Kandang Sapi Dengan Benar

Itu bagi Anda yang sedang bergelut dengan dunia peternakan. Bagi Anda ingin terjun pada bisnis pakan-ternak">pakan ternak sapi dan kambing sama saja. Biasanya Anda akan menanam rumput gajah pada lahan Anda secara tumpang sari. Bila Anda menjual hasil panen rumput gajah Anda secara utuh, harganya tidak begitu bagus.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Terkini

Hadapi Ancaman Resesi, Investasi Emas Jadi Pilihan  

Jumat, 28 Oktober 2022 | 11:05 WIB

Peluang Usaha Menggosok Batu Akik Masih Ada

Selasa, 4 Oktober 2022 | 19:29 WIB
X