• Sabtu, 2 Juli 2022

Mengenal Kegiatan Di RPH Tapos Depok

30 Juli 2021
Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Tapos merupakan fasilitas pemotongan hewan milik daerah yang berlokasi di Jalan Raya Tapos, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Tepatnya sekitar 1 KM dari pintu tol Cimanggis – Jagorawi.

Rumah Pemotongan Hewan ini termasuk 5 Besar RPH terbaik di Jawa Barat dan sudah memiliki sertifikasi halal dan berstandar Internasional, karena sudah bisa melayani pemotongan sapi-sapi impor dari Australia.

Fasilitas yang dimiliki oleh RPH Tapos ini meliputi tempat pemotongan sapi impor, kandang sapi untuk stok pemotongan, ruang pendingin (cool storage), dan mobil pendingin untuk mengirim daging ke lokasi tujuan.

Luas tanah yang dimiliki sebesar 26 hektar. RPH Tapos kerap melakuan pemeriksaan berlapis terhadap hewan-hewan ternak yang akan dipotong di sana, guna mencegah penyebaran penyakit ternak ke masyarakat. Sebelum ternak dipotong, akan dilakukan pemeriksaan ketat terlebih dahulu. Begitu pula setelah dipotong dan sudah berbentuk potongan daging, hal ini dilakukan guna menjamin kualitas dan kebersihan daging yang akan dikirimkan.

RPH ini berada di bawah naungan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Depok, Provinsi Jawa Barat. RPH ini mulai beroperasi pada tahun 2011, dan kerap melakukan proses pemotongan pada pukul 18.00 WIB.

Jenis-jenis sapi yang biasa di potong di sana adalah sapi dengan jenis Brahman Cross, Sapi Bali, dan Persilangan Limousin.

Saat Idul Adha banyak sekali masyarakat yang memotong hewan qurbannya di RPH Tapos, sekitar lebih dari 500 ekor dalam momen Idul Adha.

Selain karena pemeriksaan yang dilakukan secara ketat, sudah sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), proses pemotongan higienis, terjamin kesehatan dan kebersihannya karena diawasi langsung oleh dokter hewan.

RPH Tapos juga memotong hewan sesuai dengan Standar Kesejahteraan Hewan, tidak sembarangan orang yang melakukan pemotongan. Harus tenaga ahli yang sudah terlatih dan tersertifikasi, peralatan yang akan digunakan pun merupakan alat khusus. Salah satu fasilitas yang dimiliki oleh RPH Tapos yaitu mobil pendingin untuk proses pengiriman daging, hal ini akan meminimalisir risiko terjadinya daging busuk atau bau selama perjalanan.

Images Lainnya

X