• Rabu, 17 Agustus 2022

Kabar Jokowi dari Rusia, Ajak Putin Gaungkan Spirit Perdamaian

- Jumat, 1 Juli 2022 | 09:26 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan konferensi pers bersama Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/6) (SetpresRI)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan konferensi pers bersama Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/6) (SetpresRI)

CeritaDepok.com - Setelah bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada hari Rabu, 29 Juni, 2022, Presiden Jokowi beserta rombongan langsung bertolak ke Moskow, Rusia, untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

Jokowi bersama Ibu Iriana dan rombongan tiba Istana Kremlin, Moskow, Rusia pada hari Kamis, 30 Juni, 2022 pukul 15.30 waktu setempat.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin ini tidak memiliki maksud apapun kecuali membawa misi perdamaian untuk Rusia dan Ukraina.

Dalam pertemuannya dengan Vladimir Putin, Presiden Jokowi pun membahas beberapa hal, terlebih soal konflik yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina.

Baca Juga: KN Kuda Laut 403 Dikerahkan Cari Korban LCT Anugrah Indasah Tenggelam di Perairan Sanipat

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa dirinya sebagai perwakilan dari Indonesia siap menjembatani komunikasi dan menyediakan ruang obrolan bagi Rusia dan Ukraina.

Hal tersebut dilakukan Presiden Jokowi untuk menciptakan perdamaian antar kedua negara tersebut. Selain itu, Presiden Jokowi juga membicarakan soal pasokan pangan dan pupuk yang terganggu.

Terganggunya pasokan pangan dan pupuk imbas dari invasi Rusia ke Ukraina sejak Februari 2022 lalu.

Ia mengatakan, jika pasokan pangan dan pupuk dibiarkan secara terus menerus, akan berdampak buruk bagi seluruh masyarakat dunia.

Terlebih, bagi mereka yang tinggal di negara berkembang. Bertandang ke Ukraina dan Rusia, Jokowi menyatakan dukungan kepada PBB untuk reintegrasi komoditas pangan dan pupuk dalam rantai pasok dunia.

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kronologis PM Inggris Boris Johnson Mundur

Jumat, 8 Juli 2022 | 10:00 WIB
X