Bertemu Grand Syaikh Al-Azhar, JK Apresiasi Peran Alumni Al-Azhar

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 02:00 WIB
Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla mengadakan kunjungan balasan ke Grand Syaikh Al-Azhar, Prof. Dr. Ahmad Thoyib di kantornya di Kairo, Rabu (5/10) sore. (Arsip KBRI Mesir)
Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla mengadakan kunjungan balasan ke Grand Syaikh Al-Azhar, Prof. Dr. Ahmad Thoyib di kantornya di Kairo, Rabu (5/10) sore. (Arsip KBRI Mesir)

Ceritadepok.com, Kairo - Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla mengadakan kunjungan balasan ke Grand Syaikh Al-Azhar, Prof. Dr. Ahmad Thoyib di kantornya di Kairo, Rabu (5/10) sore.

JK disambut dengan hangat oleh Grand Syaikh Al Azhar (GSA) Prof. Ahmad Thoyib yang didampingi oleh Wakilnya Syaikh Prof. Dr. Ad-Duwainy, Rektor Al-Azhar Prof. Dr. Salamah Daud, para Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, Sekjen Majma Buhus Islamiyah Prof. Nadhir Ayyadh, dan beberapa Penasehat Ahli GSA.

JK menjadi host kunjungan GSA saat menjadi Wapres, yaitu pada 2006 kunjungan GSA Prof. Sayyid Tantowi; dan GSA Prof. Ahmad Thoyyib pada 2016 dan 2018 menjamunya di rumah dinas Wakil Presiden.

Baca Juga: Tembok MTSN 19 Pondok Labu Roboh Timpa Siswa: 3 Tewas

Dalam kesempatan silaturahim itu JK kembali menyinggung hubungan persahabatan Indonesia dan Mesir, baik dalam level masyarakat maupun negara.

"Mesir negara yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia, hal ini menjadi catatan penting bagi sejarah bangsa Indonesia, maka persahabatan kedua negara perlu terus dipelihara dan ditingkatkan lagi" ujar JK.

JK juga menyinggung peran dan sumbangan penting Al-Azhar kepada bangsa Indonesia, yang menurutnya telah ada sebelum kemerdekaan, bahkan hingga kini, yaitu dengan ikut mendidik dan membina anak-anak bangsa Indonesia yang menimba ilmu di Al-Azhar.

Baca Juga: Bos Indomaret Tewas Tertabrak Truk saat Bersepeda dengan Istri

Alumni-alumni Al-Azhar, imbuh JK, banyak yang menjadi tokoh ulama panutan, menjadi kiai di pesantren-pesantren, bahkan menempati posisi politik sebagai gubernur, menteri hingga presiden.

Hal itu ditimpali oleh GSA Ahmad Thoyib bahwa menurut laporan data, dari sekitar 45 ribu mahasiswa asing yang belajar di Al-Azhar, 11 ribu diantaranya berasal dari Indonesia.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bakamla RI Courtesy Call ke Dubes RI di Hanoi

Selasa, 13 Desember 2022 | 07:00 WIB

Bakamla RI Hadiri Vietnam Coast Guard and Friends 2022

Selasa, 13 Desember 2022 | 06:12 WIB

Media Amerika Dibatasi Liputan Banjir Pakistan

Rabu, 14 September 2022 | 08:58 WIB

Kabar Duka, Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 08:39 WIB

Vladimir Putin Bangga Bisa Kelola Keuangan Negaranya

Kamis, 8 September 2022 | 11:42 WIB
X