Situs Gunung Padang, Misteri Pengubah Sejarah Dunia

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 14:31 WIB
Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum yang berada di Cianjur, Jawa Barat. (Satrio Nusantoro)
Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum yang berada di Cianjur, Jawa Barat. (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.com, Cianjur - Situs Gunung Padang digadang-gadang sebagai salah situs tertua di dunia. Situs berusia 10 ribu tahun ini disebut semasa dengan situs Göbekli Tepe di Turki.

Situs ini diperkirakan pertama kali dibangun pada 8000 SM. Usianya bahkan lebih tua dari Piramida di Mesir yang dibangun sekitar 2500 SM, peninggalan kota tua Mahenjo Daro dan Harrapa di India yang berusia 3.000 tahun, dan budaya Mesopotamia yang berada di era yang sama.

Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Baca Juga: Belajar Sejarah Depok : Tugu Cornelis Dan Negara Depok

Gunung Padang sudah lama dikenal oleh para ahli sejak tahun 1800-an akhir. Warsa 1914, ada laporan tentang Gunung Padang yang dimuat pada Rapporten van de Oudheid kundige Dienst (ROD) atau buletin Dinas Kepurbakalaan. Selain itu, Nicholaas Johannes Krom juga pernah mencatat sejumlah temuannya di gunung tersebut.

Pada 2011, Gunung Padang sempatramai diisukan sebagai sebuah piramida dan berumur lebih tua dari Piramida Giza di Mesir dan kebudayaan Machu Picchu di Peru. Dugaan Piramida juga pernah terjadi pada Gunung Lalakon di Kabupaten Bandung Barat, dan Gunung Sadahurip di Garut.Sadahurip di Garut.

Gunung Padang yang diduga piramida dan berusia lebih tua dari dua peradaban tua di dunia tersebut, sempat menjadi perbincangan di masyarakat. Namun perlahan isu ini kemudian mereda, meski simpang siur informasi masih terjadi.

 

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Terkini

Ridwan Kamil: Korban Jiwa Gempa Cianjur 162 Orang

Selasa, 22 November 2022 | 10:12 WIB

Ratusan Bencana di Jawa Barat Dipengaruhi Cuaca

Jumat, 7 Oktober 2022 | 14:15 WIB

Rachmat Yasin Bebas, Tetap Wajib Lapor

Rabu, 3 Agustus 2022 | 08:47 WIB

Terjadi Longsor Di Cijeruk Bogor

Minggu, 22 Mei 2022 | 07:00 WIB
X