• Kamis, 11 Agustus 2022

Pengembangan Wisata Situ Gede Jadi Solusi Percepat Pemulihan Ekonomi Dikala Pandemi

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 19:42 WIB
Peninjauan Situ Gede Kota Bogor (Dok.SDA Jabar)
Peninjauan Situ Gede Kota Bogor (Dok.SDA Jabar)

CeritaDepok.com - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat bersama Pemkot Bogor mulai membangun Situ Gede ditandai peletakan batu pertama pada, Kamis 12 Agustus 2021.

Revitalisasi Situ Gede yang berada di Kecamatan Bogor Barat masuk menjadi rencana strategis Pemkot Bogor sejak 2019 yang pendanaannya dibantu dari APBD Provinsi Jawa Barat. 

“Di samping sebagai recharge air tanah, Situ Gede juga tempat keanekaragaman ekosistem hayati, indikator kelestarian lingkungan, serta mempunyai fungsi sosial dan budaya,” kata Kepala Dinas SDA Provinsi Jawa Barat Dikky Achmad Sidik dilansir dari jabarprov.go.id saat groundbreaking di Situ Gede

Baca Juga: Mendagri Keluarkan Surat Edaran Pedoman Teknis Peringatan HUT RI Ke-76

Menurutnya, Pemda Prov Jabar bersama pemda-pemda berupaya menyelamatkan situ di kawasan Bodebek (Bogor – Depok – Bekasi) yang menjadi penyangga lingkungan Ibu Kota Negara, salah satunya Situ Gede. Selain dapat dipelihara, kehadiran situ juga bisa memberi nilai tambah bagi masyarakat sekitar. 

“Situ tidak hanya sebagai tempat menampung air tetapi mempunyai fungsi lain sebagai obyek wisata yang mempunyai nilai tambah ekonomi, sosial, dan lingkungan,” katanya.

Baca Juga: Sekjen Kemendagri Ajak Daerah Berkomitmen Kelola Pengaduan Masyarakat dengan Baik

Pengembangan Situ Gede sebagai salah satu tempat wisata menjadi solusi dalam mempercepat pemulihan ekonomi setelah COVID-19. 

Masyarakat sekitar dapat meningkatkan kesejahteraan karena akan banyak peluang usaha baru disertai tenaga kerja yang dibutuhkan. 

Halaman:

Editor: M. Andra

Sumber: jabarprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rachmat Yasin Bebas, Tetap Wajib Lapor

Rabu, 3 Agustus 2022 | 08:47 WIB

Terjadi Longsor Di Cijeruk Bogor

Minggu, 22 Mei 2022 | 07:00 WIB
X