• Kamis, 11 Agustus 2022

Masyarakat Diimbau Jaga Data Diri yang ada di Sertifikat Vaksin

- Sabtu, 14 Agustus 2021 | 11:00 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau lokasi vaksinasi. (Dok.jabarprov.go.id)
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau lokasi vaksinasi. (Dok.jabarprov.go.id)

CeritaDepok.com - Untuk menjaga kebocoran data dari sertifikat vaksin, masyarakat diimbau untuk tidak mencetak sertifikat melalui pihak ketiga. Hal tersebut dikarenakan berpotensi menyebabkan kebocoran data kependudukan yang dapat merugikan diri sendiri.

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, warga harus lebih berhati-hati dengan kerugian yang akan terjadi jika mencetak sertifikat vaksin. Oleh karena itu Uu mengimbau agar seluruh lapisan masyarakat tidak mencetak kartu vaksin tersebut.

"Sekarang ramai adanya kartu vaksin yang dicetak oleh pribadi di berbagai percetakan. Harapan kami sesuai dengan imbauan pemerintah pusat hal tersebut jangan dilakukan karena setiap orang sudah punya barcode masing-masing tinggal di-scan, tidak perlu cetak kartu," kata Wagub Jabar UU Ruzhanul Ulum, seperti dilansir dari jabarprov.go.id.

Baca Juga: Penanganan COVID-19 Berangsur Membaik, Kang Emil Minta Vaksinasi Dipercepat

Ia mengkhawatirkan jika dalam proses pencetakan sertifikat malah dimanfaatkan oleh pihak lain yang akan merugikan orang lain.

"Dikhawatirkan, saat proses pencetakan terdapat data pribadi, kemudian malah disampaikan ke pihak lain, tidak menutup ada orang iseng, memanfaatkan yang rugi diri kita sendiri," tambahnya.

Baca Juga: Pemkot Depok Luncurkan DVAJAR Kejar Target 50 Persen Vaksinasi di Agustus 2021

Wagub menekankan, bahwa menyimpan barcode vaksinasi pada smartphone lebih aman dibandingkan mencetak secara fisik, apalagi dicetak oleh pihak lain. Namun bila tetap mau melakukannya, masyarakat disarankan mencetak sendiri.

"Kenapa pemerintah mengimbau, karena dikhawatirkan ada dampak yang negatif. Cukup smartphone yang dimiliki, disitu ada barcode, selesai, disitu bisa jadi bukti untuk kemanapun, ke mal, naik pesawat terbang, dan yang lainnya," tegasnya.

Halaman:

Editor: M. Andra

Sumber: jabarprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rachmat Yasin Bebas, Tetap Wajib Lapor

Rabu, 3 Agustus 2022 | 08:47 WIB

Terjadi Longsor Di Cijeruk Bogor

Minggu, 22 Mei 2022 | 07:00 WIB
X