• Sabtu, 2 Juli 2022

Proyek Investasi di Selatan Jawa Barat Mencapai Rp7,9 Triliun

- Minggu, 15 Agustus 2021 | 10:30 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.  Sebut Jawa Barat Zona Oranye: Pelan-pelan akan Sekolah Dibuka  .Humas Pemprov Jabar (Dok. Humas Pemprov Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sebut Jawa Barat Zona Oranye: Pelan-pelan akan Sekolah Dibuka .Humas Pemprov Jabar (Dok. Humas Pemprov Jabar)

CeritaDepok.com, Jawa Barat - Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak hanya mengembangkan wilayah pada bagian utara saja, tetapi juga untuk wilayah selatan yang menjadi bagian prioritas pembangunan jangka menengah panjang. Bahkan total proyek investasi di selatan diperkirakan mencapai Rp7,9 trillun. 

Demikian keterangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat pembukaan Infrastruktur Forum - Road to West Java Investment Summit 2021 yang diselenggarakan Bank Indonesia dan Universitas Padjadjaran di Kota Bandung dilansir dari jabarprov.go.id.

Menurut Kang Emil, investasi adalah salah satu pendukung pertumbuhan ekonomi Jabar yang pada triwulan II/2021 mencapai 6,13 persen. 

"Selama lima tahun terakhir, investasi memberikan kontribusi rata-rata 24 persen kepada pertumbuhan ekonomi total. Tercatat, pada semester I/2021 realisasi investasi di Jabar Rp72,46 triliun, lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar Rp57,89 triliun," ujarnya.

Baca Juga: Pengembangan Wisata Situ Gede Jadi Solusi Percepat Pemulihan Ekonomi Dikala Pandemi

Realisasi investasi tersebut merupakan yang terbesar secara nasional, meskipun di sisi lain masih terdapat potensi risiko ketidakpastian akibat pandemi COVID-19. 

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Jabar Herawanto menerangkan, Jawa Barat menjadi bagian penting pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Jabar adalah satu dari tiga provinsi paling kompetitif di Indonesia. Setidaknya ada tigafaktor pendorong pada 2020, yaitu daya tarik investasi asing langsung (FDI), ketersediaan infrastruktur fisik, serta ketersediaan SDM melimpah. 

Infrastruktur transportasi seperti jalan tol, pelabuhan, dan bandar udara Jabar juga sangat mendukung konektivitas wilayah yang memudahkan lalu lintas logistik barang. Konektivitas jadi salah satu pertimbangan investasi. 

Halaman:

Editor: M. Andra

Sumber: jabarprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terjadi Longsor Di Cijeruk Bogor

Minggu, 22 Mei 2022 | 07:00 WIB
X