• Sabtu, 2 Juli 2022

Pelabuhan Merak Dipadati Pemudik, Polisi Terapkan Sistem Buka Tutup

- Kamis, 28 April 2022 | 21:48 WIB
Potret kemacetan menuju Pelabuhan Merak dan sekitarnya saat arus mudik Lebaran 2022. (Ainul Gillang/Bantenraya.com)
Potret kemacetan menuju Pelabuhan Merak dan sekitarnya saat arus mudik Lebaran 2022. (Ainul Gillang/Bantenraya.com)

 

CeritaDepok – Suasana Idul Fitri 1443 Hijriah kembali normal, fasilitas untuk mudik bagi masyarakat juga mulai padat, seperti yang terjadi di Pelabuhan Merak, Banten yang mulai dipadati pemudik dengan membawa sepeda motor sejak Kamis, 28 April 2022, dini hari.

Pemudik dengan motor ini memenuhi semua dermaga di Pelabuhan Merak kecuali dermaga eksekutif, sehingga polisi harus menerapkan sistem buka tutup untuk memperlancar lalu lintas. Selain itu, pengelola juga menyiapkan tenda bagi pemudik motor yang terletak di semua dermaga Pelabuhan Merak.

Tenda- tenda ini disiapkan pengelola Pelabuhan Merak bagi para pemudik motor yang antre untuk masuk ke kapal. Dikutip CeritaDepok.com dari laman Korlantas Polri, seluruh tenda yang dikhususkan untuk sepeda motor tersebut telah dipenuhi pemudik hingga pukul 05.15 WIB di Pelabuhan Merak.

Baca Juga: Sambut Idul Fitri, PLN Berangkatkan 842 Orang Pulang ke Kampung Halaman

Hingga saat ini, Pelabuhan Merak masih dipadati oleh pemudik dari berbagai daerah yang hendak pulang kampung menuju berbagai wilayah di Sumatera. Para pemudik ini melakukan perjalanan lebih awal agar terhindar dari kemacetan parah saat puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi pada H-3 lebaran tahun 2022.

Sementara itu, kondisi kantong parkir dermaga di Pelabuhan Merak juga dipadati oleh kendaraan pribadi yang hendak menyebrang ke Sumatera. Hal ini menyebabkan Polisi harus menerapkan sistem buka tutup jalan di jalur Cikuasa Atas arah Pelabuhan Merak agar memperlancar lalu lintas.

Aturan ini disampaikan oleh Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono. Pihaknya juga meminta kerja sama dan pengertian masyarakat terhadap sistem buka tutup ini. “Pukul 04.00 lebih kami pihak kepolisian berlakukan sistem buka tutup jalan agar memperlancar lalu lintas ke Pelabuhan Merak. Tentunya kami butuh kerja sama dan pengertian masyarakat karena memang terus mengatur sehingga ada kantong-kantong parkir di Cikuasa Atas,” ungkapnya.

Baca Juga: Marko Simic Putus Kontrak Sepihak, Gajinya Belum Dibayar Persija

Lebih lanjut, pihak kepolisian juga meminta agar pemudik dengan sabar menunggu giliran untuk masuk ke kapal yang akan membawa mereka menuju kampung halaman. Sistem buka tutup jalan ini diberlakukan dengan pola jika kantong parkir dermaga mulai kosong, maka kendaraan yang disekat di Cikuasa Atas akan ditarik menuju pelabuhan secara bergantian.

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jejak Soekarno Masih Terasa Di Ende

Rabu, 1 Juni 2022 | 13:20 WIB
X