• Sabtu, 2 Juli 2022

Kasus Hepatitis Misterius Ditemukan, Jubir Kemenkes: Paling Baik Deteksinya

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 19:35 WIB
Ilustrasi Hepatitis akut (Pikiran Rakyat)
Ilustrasi Hepatitis akut (Pikiran Rakyat)

CeritaDepok.com – Waspada! Hepatitis misterius yang tengah jadi sorotan mulai terungkap. Terkait hal tersebut, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi memberi penjelasan.

Kemenkes mengatakan bahwa adanya temuan hepatitis akut sudah terkonfirmasi. Terkait detail penemuan hepatitis akut, Kemenkes memberi penjelasan.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, paling banyak temuan dilaporkan di wilayah DKI Jakarta.

“Daerah yang paling banyak dilaporkan itu adalah DKI Jakarta, itu mungkin karena DKI Jakarta yang paling baik deteksinya. Jadi kalau kita lihat, dia yang paling banyak (penemuan kasus hepatitis akutnya),” ucap Nadia.

Baca Juga: Jadwal Acara TV MNCTV hari ini Sabtu 14 Mei 2022. Ada Kampung Kendang, Putri Duyung dan 1001 Keajaiban,Aladdin

Nadia mengatakan saat ini Indonesia memiliki 18 suspek hepatitis akut. Dengan rincian, sembilan kasus masuk kriteria “pending” berdasarkan klasifikasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan sudah hampir selesai diperiksa.

Tujuh suspek lainnya dipastikan tidak menderita hepatitis akut dan dua suspek lainnya sedang dalam proses pemeriksaan.

Ia menuturkan, dari 18 suspek yang terkena hepatitis misterius itu, dua pertigana berasal dari DKI Jakarta, dan sisanya berasal dari Sumatera Barat, Jawa Timur, Bangka Belitung dan Kalimantan Timur.

Semua suspek tersebut menurut Nadia diketahui tidak menderita varian hepatitis A, B, C, ataupun D. Namun, dari tujuh kematian yang sudah dilaporkan dua diantaranya bukan ditetapkan sebagai hepatitis akut.

Baca Juga: Jadwal Acara TV SCTV hari ini Sabtu 14 Mei 2022. Ada Babysitter Metal Pujaanku, Love Story The Series

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jejak Soekarno Masih Terasa Di Ende

Rabu, 1 Juni 2022 | 13:20 WIB
X