• Kamis, 11 Agustus 2022

Kemenkes Izinkan Penelitian Ganja, Pintu Gerbang Legalisasi Ganja Medis

- Jumat, 1 Juli 2022 | 10:32 WIB
Ilustrasi ganja (Pixabay.com)
Ilustrasi ganja (Pixabay.com)

CeritaDepok.com  - Pakar hukum narkotika Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Dr. Slamet Pribadi berkomentar mengenai izin ganja medis.

Menurut Dr. Slamet Pribadi, DPR dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak boleh terburu-buru mengeluarkan fatwa terkait legalisasi ganja medis.

Pasalnya, Dr. Slamet Pribadi mengatakan masalah mengizinkan ganja medis merupakan kewenangan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Yang memposisikan ganja sebagai golongan I itu menteri kesehatan. Berarti izin dari jajaran Kementerian Kesehatan,” katanya.

Baca Juga: Kabar Jokowi dari Rusia, Ajak Putin Gaungkan Spirit Perdamaian

Ia menggarisbawahi bahwa dalam UU Nomor 35/2009 tentang Narkotika, pada pasal 7 mengatakan 'Memperbolehkan penggunaan narkotika untuk kepentingan pelayanan kesehatan atas seiizin atau rekomendasi dari pihak terkait khususnya Kementerian Kesehatan dan Badan POM'.

“Jadi narkotika itu boleh digunakan, yang tidak boleh disalahgunakan. Khusus untuk ganja, kalau memang itu ada manfaat untuk kesehatan, silahkan ajukan izin. Kalau memang untuk medis," katanya.

Meski begitu, ia menyadari mengenai detail perizinan ganja masih belum jelas.

Sehingga ia meminta Kemenkes untuk mengeluarkan aturan terkait hail ini sehingga mampu meringankan masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga: Dikeluhkan Masyarakat Depok, Begini Penjelasan Pertamina Beli Pertalite Gunakan My Pertamina

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Minta Jepang Segera Selesaikan Proyek MRT

Kamis, 28 Juli 2022 | 09:11 WIB

Mengenal Taman Pecut Di Kota Blitar

Rabu, 13 Juli 2022 | 05:22 WIB
X