• Minggu, 2 Oktober 2022

Mengenal Taman Pecut Di Kota Blitar

- Rabu, 13 Juli 2022 | 05:22 WIB
Sejak tahun 2018 silam Kota Blitar memiliki ruang terbuka hijau di pusat kota yang diberi nama Taman Pecut. Berada tepat di selatan aloon – aloon Blitar, taman ini memiliki daya tarik khusus untuk masyarakat sekitar maupun wisatawan Blitar pada umumnya. (Satrio Nusantoro)
Sejak tahun 2018 silam Kota Blitar memiliki ruang terbuka hijau di pusat kota yang diberi nama Taman Pecut. Berada tepat di selatan aloon – aloon Blitar, taman ini memiliki daya tarik khusus untuk masyarakat sekitar maupun wisatawan Blitar pada umumnya. (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Blitar - Sejak tahun 2018 silam Kota Blitar, Jawa Timur memiliki ruang terbuka hijau di pusat kota yang diberi nama Taman Pecut. Berada tepat di selatan aloon – aloon Blitar, taman ini memiliki daya tarik khusus untuk masyarakat sekitar maupun wisatawan Blitar pada umumnya.

Berdasarkan pantauan CeritaDepok.Com, tidak ada yang wah ketika melewati taman pecut di pagi, siang maupun sore. Karena hanya tampak sebuah taman dengan icon patung tangan membawa pecut yang merupakan cikal bakal pemberian nama taman ini.

Namun ketika malam minggu, masyarakat berkumpul di sekitaran taman pecut karena ada atraksi air mancur bergoyang yang disajikan oleh taman di pusat kota ini. Air mancur di sekeliling patung pecut bergoyang mengikuti  irama alunan musik yang diputar dengan sorot lampu warna-warni. Tidak heran apabila banyak warga yang memilih berhenti bahkan parkir kendaraan hanya untuk menikmati goyangan dari air mancur yang disajikan seminggu sekali ini.

Baca Juga: Limun Oriental, Minuman Tempo Dulu Khas Pekalongan

Taman pecut seringkali dimanfaatkan masyarakat untuk berolahraga pagi maupun sore bersama keluarga. Tampak banyak anak kecil yang bermain disekitar taman pecut yang memiliki desain modern dengan fasilitas yang memadai.

Asal Usul Taman Pecut Blitar

Banyak netizen yang bertanya, kenapa pecut dijadikan icon yang kemudian dijadikan nama dari taman ini. Apa hubungannya pecut tersebut dengan Blitar? Begini ceritanya, icon pecut itu merupakan salah satu pusaka Bupati Blitar ke 3, Kanjeng Pangeran Sosrohadinegoro (1915-1918).

Taman Pecut, berada tepat di selatan aloon – aloon Blitar, taman ini memiliki daya tarik khusus untuk masyarakat sekitar maupun wisatawan Blitar pada umumnya. (Satrio Nusantoro)

Mitosnya, ketika lahar Kelud datang dari arah utara mengalir menuju pendopo, pecut Samandima lalu dilecutkan. Suaranya menggelegar sampai angkasa dan aliran lahar bisa menyibak terbelah menjadi dua dengan sendirinya

Baca Juga: Kisah Penjual Jangkrik Aduan Di Kota Pekalongan

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KKP Kembangkan Kultur Jaringan Rumput Laut  

Kamis, 8 September 2022 | 08:45 WIB
X