• Minggu, 2 Oktober 2022

Jokowi Minta Jepang Segera Selesaikan Proyek MRT

- Kamis, 28 Juli 2022 | 09:11 WIB
Foto udara area pembangunan transport hub Dukuh Atas. MRT bagian dari pengembangan sistem transportasi massal di Jakarta. (Foto oleh PT MRT Jakarta)
Foto udara area pembangunan transport hub Dukuh Atas. MRT bagian dari pengembangan sistem transportasi massal di Jakarta. (Foto oleh PT MRT Jakarta)

CeritaDepok.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Jepang untuk mempercepat sejumlah proyek strategis di Indonesia, salah satunya Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi kepada Perdana Menteri (PM) Jepang, Kishida Fumio pada Rabu, 27 Juli 2022.

Tak hanya MRT, Jokowi juga meminta Jepang untuk turut menyelesaikan kawasan industri Papua, serta perluasan Pelabuhan Patimban.

"Beberapa proyek strategis yang saya sampaikan agar dipercepat penyelesaiannya antara lain MRT Jakarta (wilayah) North-South Fase dua dan East-West Fase satu, Kawasan Industri Papua Barat, perluasan Pelabuhan Patimban dan Jalan Tol Akses Patimban dan kami juga membahas komitmen kerja sama bagi kelanjutan Proyek Gas Masela," ungkap presiden dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Berongga Dua Meter, Jembatan BDB Ditambal

Permintaan Jokowi ini menindaklanjuti kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang lebih dulu melakukan kunjungan kerja ke Jepang pada 22 Juni 2022 lalu.

“Bapak Presiden meminta kami mengawal ini. Oleh karenanya, saya mendahului datang ke Jepang untuk memastikan kelanjutan pembangunan infrastruktur transportasi, sebelum kunjungan Presiden yang kemungkinan akan hadir ke Jepang bulan Juli nanti," kata Menhub pada Kamis, 22 Juni 2022.

Dalam lawatan itu, Jokowi disambut oleh PM Kishida Fumio secara resmi di kantornya yang berada di Tokyo, Jepang, bersama beberapa menteri dan delegasi lainnya.

Beberapa menteri Indonesia juga terlihat hadir seperti Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Selain PM Kishida Fumio, Jokowi juga mengunjungi Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako di Istana Kekaisaran Jepang, Tokyo.***

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KKP Kembangkan Kultur Jaringan Rumput Laut  

Kamis, 8 September 2022 | 08:45 WIB
X