• Jumat, 9 Desember 2022

KKP Kembangkan Kultur Jaringan Rumput Laut  

- Kamis, 8 September 2022 | 08:45 WIB
Petani rumput laut tambak di Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana tengah menjemur rumput laut tambak di tengah terik matahari musim kemarau. (Suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)
Petani rumput laut tambak di Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana tengah menjemur rumput laut tambak di tengah terik matahari musim kemarau. (Suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)

 

CeritaDepok.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengembangkan teknologi kultur jaringan untuk meningkatkan kualitas rumput laut. Metode ini diharapkan mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas bibit rumput laut.

 

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu mengatakan rumput laut merupakan salah satu komoditas utama perikanan budidaya yang menjadi andalan dalam peningkatan produksi, meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

 

Namun dalam pengembangannya kebutuhan bibit rumput laut sangat ditentukan dari ketersediaan bibit dalam jumlah cukup, masif, tepat waktu dan terjangkau, karena salah satu faktor pembatas peningkatan produksi rumput laut adalah ketersediaan bibit rumput laut yang berkualitas.

 

Hingga saat ini bibit yang digunakan oleh pembudidaya rumput laut sebagian besar masih berasal dari pengembangan vegetatif, dengan cara menyisihkan thalus dari hasil budidaya.

Baca Juga: Kepala Bakamla RI Resmi Buka Coast Guard Basic Training di Pusdiklatsarmil

Keterampilan dalam menyeleksi bibit yang baik menjadi pembatas bagi sebagian masyarakat pembudidaya, sehingga hasil produksinya kurang optimal.

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erick Thohir Cek Langsung Kesiapan PLN Layani KTT G20

Kamis, 10 November 2022 | 13:32 WIB

Peluru Nyasar Polisi, Tewaskan Warga Pontianak 

Kamis, 3 November 2022 | 05:05 WIB

Hakim Cecar Habis ART Susi dalam Sidang Bharada E

Selasa, 1 November 2022 | 03:05 WIB
X