KKP Latih Mahasiswa AMN Surabaya Budidaya Lele Sistem Bioflok

- Rabu, 30 November 2022 | 10:18 WIB


CeritaDepok.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan ambil bagian mendukung pengembangan keahlian para mahasiswa yang tinggal di Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya, Jawa Timur. Sejumlah mahasiswa dibimbing secara teori dan praktik melakukan budidaya lele sistem bioflok.

 

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengapresiasi semangat para mahasiswa peserta bimbingan teknis, yang menunjukkan antusiasme belajar budidaya di sela-sela rutinitas perkuliahan. Menteri Trenggono bahkan mengunjungi langsung kolam budidaya bioflok yang ada di asrama tersebut.

 

"Bimtek yang digelar melibatkan mitra usaha juga, sehingga banyak pembelajaran yang bisa didapat mahasiswa terkait budidaya sistem bioflok ini," ujarnya saat meninjau kolam bioflok, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: Sinopsis Bintang Samudera hari ini Rabu 30 November 2022: Resmi Pertunangan Nagita - Bintang Batal 

Bimbingan teknis berlangsung selama dua pekan dengan skema teori dan praktik secara langsung baik di lokasi pelaku budidaya binaan KKP maupun di asrama. Para mahasiswa dilatih mulai dari persiapan kegiatan budidaya, pembesaran, hingga cara pembuatan kolam bioflok. Selain tim internal, bimbingan teknis juga melibatkan pelaku budidaya mitra KKP yang sudah berhasil mengembangkan budidaya lele sistem bioflok.

 

Terdapat enam kolam bioflok lele sangkuriang di Asrama Mahasiswa Nusantara yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo hari ini. Produktivitas kolam-kolam lele tersebut mencapai 600 kilogram per sekali panen (tiga bulan).

 

Menteri Trenggono berharap, pelatihan dan pendampingan dari KKP mampu membangkitkan keinginan mahasiswa untuk berwirausaha, khususnya menggeluti budidaya lele sistem bioflok.

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadan

Kamis, 2 Februari 2023 | 08:27 WIB

DPR RI Anggap Perppu Cipta Kerja Perlu Dikaji

Rabu, 11 Januari 2023 | 13:53 WIB

Hakordia 2022, Itjentan Adakan Round Table Discussion

Senin, 12 Desember 2022 | 18:00 WIB
X