Komnas HAM Khawatir RKUHP Disetujui Jadi Undang-Undang

- Rabu, 7 Desember 2022 | 08:56 WIB
RKUHP resmi disahkan, ini beberapa pasal yang berpotensi karet. (Instagram/@walhi_indonesia)
RKUHP resmi disahkan, ini beberapa pasal yang berpotensi karet. (Instagram/@walhi_indonesia)

CeritaDepok.com - Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) disetujui menjadi undang-undang dalam rapat paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada hari ini, Selasa 6 Desember 2022.

Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto menyebut, RKUHP sangat diperlukan masyarakat dalam mereformasi hukum pidana nasional.

Sebelumnya, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengungkapkan, bakal menempuh langkah lebih lanjut bila RKUHP disahkan.

Ketua Komnas HAM Atnike Sigiro mengatakan, bila pasal tentang pelanggaran HAM berat hasilnya sangat bertentangan dengan prinsip yang terkandung dalam UU Nomor 26/2000, maka pihaknya akan melakukan langkah-langkah lebih lanjut.

Baca Juga: Stakeholder Kecamatan Cilodong Kompak Tanggulangi HIV/AIDS

Pihaknya mengkhawatirkan naskah RKUHP yang disahkan berpotensi menggerus tugas, fungsi, dan mandat lembaga HAM tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Atnike juga berharap agar pemerintah dan DPR mempertimbangkan pelbagai masukan yang disampaikan publik, demi perbaikan sistem hukum di Indonesia.

Dia menuturkan, naskah RKUHP diharapkan menjunjung tinggi HAM, apalagi sejak Indonesia merdeka belum ada RKUHP buah pemikiran anak bangsa.

"Nanti kalau ada perbedaan pandangan, saya pikir ada proses politik dan hukum yang bisa ditempuh, misalnya tinjauan peradilan," ujar Ketua Komnas HAM tersebut, kepada wartawan.

Baca Juga: Informasi! Ada Perbaikan Jalan, Hindari Taqwa Raya RW 10 Kelurahan Pondok Petir

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadan

Kamis, 2 Februari 2023 | 08:27 WIB

DPR RI Anggap Perppu Cipta Kerja Perlu Dikaji

Rabu, 11 Januari 2023 | 13:53 WIB

Hakordia 2022, Itjentan Adakan Round Table Discussion

Senin, 12 Desember 2022 | 18:00 WIB
X