• Sabtu, 2 Juli 2022

Olahraga Investasi Penting Bangun Karakter Bangsa

- Senin, 13 September 2021 | 20:54 WIB
Menpora Zainudin Amali dalam FMB9, Senin 13 September 2021. /Tangkapan Layar YouTube FMB9ID_IKP
Menpora Zainudin Amali dalam FMB9, Senin 13 September 2021. /Tangkapan Layar YouTube FMB9ID_IKP

CeritaDepok.com – Dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Senin 13 September 2021, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan bahwa olahraga merupakan investasi yang penting dalam membangun karakter bangsa serta rasa nasionalisme.

Selain dalam kunjungan kenegaraan, prestasi yang ditorehkan oleh para atlet di ajang olahraga antarbangsa adalah salah satu kesempatan Bendara Merah Putih dapat dikibarkan dan Lagu Indonesia Raya dapat dikumandangkan di luar negeri.

“Olahraga ini sangat penting untuk pembangunan karakter bangsa, untuk nasionalisme, dan untuk patriotisme. Kita invest untuk membangun sumber daya manusia dan invest untuk kebanggaan bangsa,” ujar Menpora dikutip dari laman resmi kemenpora.go.id.

Lebih lanjut, Menpora memaparkan bahwa olahraga dapat membangun karakter kedisiplinan, kerja keras, sportivitas, serta rasa optimisme.

Baca Juga: Menpora: Pemerintah Desain Ekosistem Olahraga dari Hulu hingga Hilir

“Ini dibuktikan oleh para atlet difabel kita yang meraih sembilan medali pada  Paralimpiade (Tokyo) yang lalu. Mereka sangat optimistis dan mereka menunjukkan bahwa mereka sama dengan atlet-atlet non-difabel,” imbuhnya.

Karakter lain yang dibangun melalui olahraga adalah kerja sama di dalam tim. Selain itu, olahraga juga dapat mempersatukan bangsa.

“Ini karakter-karakter yang sangat bagus yang dilahirkan oleh pembinaan olahraga,” kata Zainudin.

Editor: Julian AR

Sumber: kemenpora.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viking Beri Lima Catatan Penting Buat Persib

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:02 WIB

AC Milan Juara Serie A Musim 2021 2022

Senin, 23 Mei 2022 | 11:45 WIB
X