• Jumat, 7 Oktober 2022

Manfaat Olahraga Panahan Bagi Tubuh Kita

- Senin, 1 Agustus 2022 | 08:34 WIB
Atlet Panahan DI Yogyakarta saat bertanding di kelas Divisi Nasional Individual Putri memperebutkan medali perunggu di Venue Panahan Kampung Harapan, Sentani Timur, Jayapura, Papua tahun 2021 lalu. (Satrio Nusantoro)
Atlet Panahan DI Yogyakarta saat bertanding di kelas Divisi Nasional Individual Putri memperebutkan medali perunggu di Venue Panahan Kampung Harapan, Sentani Timur, Jayapura, Papua tahun 2021 lalu. (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Depok - Memanah atau olahraga panahan mungkin dianggap sebagai hobi yang menyenangkan oleh banyak orang. Namun beberapa lainnya menganggap olahraga ini termasuk olahraga mahal dan bergengsi. Sebenarnya, bila kita tengok  jauh sebelum itu, busur dan anak panah pertama kali telah digunakan sejak tahun 5000 SM,

Memang, kebanyakan orang-orang masa itu memanfaatkan panah untuk berburu. Namun, seiring dengan zaman yang terus berkembang, kini memanah menjadi cabang olahraga yang sangat populer, bahkan ditampilkan di Olimpiade.

Seorang pemanah profesional membutuhkan banyak kekuatan dan harus mampu fokus serta berkonsentrasi ketika memanah agar anak panahnya bisa tepat mengenai sasaran. Sebagian besar orang menganggap olahraga ini adalah jenis olahraga statis, padahal tetap saja, dibutuhkan tenaga yang besar untuk melakukannya.

Baca Juga: Olahraga Panahan Jadi Tren di Masyarakat Perkotaan

Bahkan, memanah juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Apa saja manfaatnya? Berikut ini beberapa di antaranya:

Atlet Panahan beregu putri DKI Jakarta saat bertanding di kelas Divisi Nasional beregu Putri memperebutkan medali perunggu di Venue Panahan Kampung Harapan, Sentani Timur, Jayapura, Papua. Seorang pemanah profesional membutuhkan banyak kekuatan dan harus mampu fokus serta berkonsentrasi (Satrio Nusantoro)

Membantu Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan

Manfaat utama dari olahraga memanah adalah meningkatkan koordinasi tangan dan mata. Mengarahkan dan menembakkan anak panah juga dapat membantu meningkatkan fokus. Sementara koordinasi ini bisa semakin kamu tingkatkan dengan terus berlatih. Kamu harus menjaga tubuh dalam posisi yang konstan ketika menembakkan panah, dan ini pun meningkatkan keseimbangan.

Membangun Kekuatan Tubuh

Ketika memanah, kamu menggunakan semua komponen tubuh, terutama lengan, tangan, dada, dan bahu, ketegangan pada otot dipertahankan selama beberapa detik sebelum kamu melepaskan anak panah. Hasil aktivitas yang kamu lakukan berulang ketika memanah inilah yang membantu mengembangkan otot dan membangun kekuatan tubuh.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Sumber: Halodoc

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rusia Dilarang Ikut Euro 2024 Setelah Dicoret UEFA  

Rabu, 21 September 2022 | 13:44 WIB

Liga 3: Persikad Menang Telak 4-1 Dari Bandung Timur FC

Minggu, 18 September 2022 | 17:11 WIB

CEO Persebaya: Mohon Maaf Atas Kegagalan Saya!  

Sabtu, 17 September 2022 | 00:58 WIB

Siswa SMAN 4 Depok, Bela Persikabo 1973

Rabu, 14 September 2022 | 01:21 WIB

Arema FC Kena Sanksi Akibat Flare, Berapa Dendanya?  

Minggu, 11 September 2022 | 19:25 WIB

Persebaya Surabaya Ditahan Imbang Madura United

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:46 WIB

Manfaat Olahraga Panahan Bagi Tubuh Kita

Senin, 1 Agustus 2022 | 08:34 WIB
X