• Kamis, 11 Agustus 2022

Hal Menarik Sirkuit Mandalika di NTB: Aspal Kelas Dunia dan Ajang Balap MotoGP

- Minggu, 14 November 2021 | 10:37 WIB
Sirkuit Mandalika bakal menjadi pertarungan final perebutan gelar juara WSBK 2021. Sirkuit ini memiliki 17 tikungan yang sulit menurut Presiden Jokowi. dan direncanakan ajang balap MotoGP (Setneg RI)
Sirkuit Mandalika bakal menjadi pertarungan final perebutan gelar juara WSBK 2021. Sirkuit ini memiliki 17 tikungan yang sulit menurut Presiden Jokowi. dan direncanakan ajang balap MotoGP (Setneg RI)

CeritaDepok.com- Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan  menjadi tempat ajang balap motor kelas dunia atau World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021.

Diketahui Sirkuit Mandalika mengunakan aspal jenis Stone Mastic Asphalt (SMA) sepanjang 4,3 Km. Aspal jenis Stone Mastic Asphalt ini juga digunakan di beberapa sirkuit kelas dunia. Sirkuit yang mengunakan aspal ini antara lain, Sirkuit Silverstone (Inggris), Sirkuit Dubai, dan Sirkuit Philip Island (Australia).

Selain itu juga Sirkuit Mandalika sebagai tuan rumah event balap World Superbike (WSBK)  pada 19-21 November 2021 dan direncanakan gelar MotoGP di 2022 itu dilengkapi Modular Pit Building. Modular Pit Building ini sepanjang 350 meter dengan kapasitas 50 garasi.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Diresmikan, Jarak Tempuh Bandara Lombok-Mandalika Hanya 15 Menit

Sejalan dengan peresmian oleh Presiden RI, Modular Bit Building yang dibangun WEGE mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas pembangunan gedung pit sistem modular tercepat yakni 21 hari.

Tak hanya itu Sirkuit Mandalika ini mendapat tiga rekor penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

Pemerintah pusat telah menetapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika menjadi salah satu dari lima Destinasi Skala Prioritas (DSP) strategis nasional.

Baca Juga: Mandalika Rampung, PLN Siap Fasilitas Balap Motor Superbike

Untuk mendukung kegiatan WSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika ini telah dilakukan pengembangan fasilitas pendukung seperti di Bandara Lombok, Pelabuhan Kayangan, Gili Mas dan Pelabuhan Bangsal.

Halaman:

Editor: Muhammad Irwan Supriyadi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Dukung Perhelatan Formula E Di Jakarta

Sabtu, 4 Juni 2022 | 21:28 WIB

Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang

Kamis, 17 Februari 2022 | 09:29 WIB
X