• Kamis, 11 Agustus 2022

Belum Efektif, Pembelajaran Daring dan Luring pada Penerapan PPKM Level 3 Bikin Bingung Guru

- Kamis, 2 September 2021 | 16:31 WIB
Ilustrasi (Satrio Nusantoro)
Ilustrasi (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.com- Jakarta resmi turun status dalam penetapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Saat ini Jakarta termasuk ke dalam wilayah PPKM Level 3 dari sebelumnya di wilayah PPKM 4.

Dengan penurunan status PPKM, aturan Jakarta lebih longgar daripada sebelumnya. Hal tersebut juga berlaku bagi aturan sekolah yang ada di wilayah Jakarta.

Berdasarkan surat keputusan Nomor 883 Tahun 2021, terdapat 610 sekolah di Jakarta yang diizinkan untuk menggelar pembelajaran tatap muka terbatas setelah melalui asesmen. Salah satunya adalah MTS Raudhotul Ulum.

Menurut guru Bahasa Indonesia dan Seni Budaya di MTS Raudhotul Ulum, Sohibul Anwar, mengatakan dirinya mengalami kesulitan perihal pembelajaran tatap muka.

Baca Juga: Ini 4 Fokus Kebijakan DAK Nonfisik Tahun 2022 di Bidang Pendidikan

Pasalnya, fokus dalam pembelajaran terbagi 2, antara daring dan luring. “Satu kelas dikelompokan menjadi 2, A dan B, masing-masing 15 orang dalam satu kali pertemuan,” kata Sohibul Anwar.

Dia menambahkan bahwa kelompok yang belajar secara offline melakukan pembelajaran dengan WhattsApp grup, berupa video dan PPT. Kemudian mereka akan melaksanakan pembelajaran tatap muka di minggu selanjutnya.

“Pembelajaran mengalami keterlambatan, karena materi harus disampaikan pada minggu selanjutnya untuk siswa yang belajar offline di minggu lalu. Ditambah jam mengajar yang sempit, hanya 40 menit” tambahnya.

Sohibul Anwar juga menjelaskan, untuk menguji pemahaman siswa dalam belajar dia akan memberi tes tertulis. Setelah itu, dia akan melakukan tes lisan dengan memberikan pertanyaan secara langsung terkait materi yang sudah diberikan.

Baca Juga: 2024 Indonesia Siap Kuasai Pasar Udang Dunia

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun dalam Islam

Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:00 WIB

Bacaan Doa Mustajab Menanti Malam Lailatul Qadar

Selasa, 19 April 2022 | 11:26 WIB

Bacaan Doa Dzikir Pagi Puasa Ramadhan 2022

Jumat, 8 April 2022 | 05:32 WIB
X