• Jumat, 27 Mei 2022

Tata Cara, Bacaan Doa Beserta Keutamaan Sholat Dhuha Bila Rutin Dikerjakam Setiap Hari

- Kamis, 13 Januari 2022 | 05:56 WIB
Ilustrasi. Tata Cara, Bacaan Doa Beserta Keutamaan Sholat Dhuha Bila Rutin Dikerjakam Setiap Hari (Satrio Nusantoro)
Ilustrasi. Tata Cara, Bacaan Doa Beserta Keutamaan Sholat Dhuha Bila Rutin Dikerjakam Setiap Hari (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Depok - Alangkah baiknya muslim dan muslimah mengetahui bacaan doa sholat dhuha. Sholat merupakan salah satu ibadah yang paling penting bagi umat Islam.

Dalam agama Islam, muslim dan muslimah wajib mengerjakan sholat fardhu yang terdiri dari subuh, dhuhur, ashar, magrib dan isya. Sholat fardhu ini wajib dikerjakan dan tidak boleh sekali pun ditinggalkan.

Bahaya meninggalkan sholat ini tertera dalam hadis dari Tsauban radhiyallahu ‘anhu, yang mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Baca Juga: Cara Sholat Tahajud Serta Dilengkapi Doa setelah Sholat Tahajud dan Keutamaannya

"Pemisah Antara seorang hamba dengan kekufuran dan keimanan adalah shalat. Apabila dia meninggalkannya, maka dia melakukan kesyirikan." (HR. Ath Thobariy).

Tidak hanya sholat fardhu, umat Islam juga bisa mengerjakan ibadah sunnah. Selain memberikan kebaikan, amalan sunnah juga berfungsi untuk menutupi kekurangan dari amalan wajib yang dikerjakan.

Salah satu ibadah sunnah yang bisa dikerjakan adalah sholat dhuha. Sholat dhuha dikerjakan di waktu matahari mulai naik kurang lebih tujuh hasta sejak terbit hingga waktu zuhur tiba. Sholat dhuha dikerjakan minimal dua rakaat, sehingga tidak mengganggu aktivitas di pagi hari.

Baca Juga: Setelah Sholat Dhuha, Membaca Surat Al Waqiah Pahalanya Pintu Rezeki Terbuka Lebar

Usai melaksanakan sholat dhuha, sebaiknya untuk tidak buru-buru beranjak pergi. Sebab, alangkah baiknya tetap duduk dan membaca doa sholat dhuha. Lantas bagaimana bacaan doa sholat dhuha dan tata caranya? Simak ulasan informasinya berikut ini.

Niat Sholat Dhuha
Sebelum mengetahui bacaan doa sholat dhuha, ada baiknya mengenal niat sholat sunnah ini. Adapun bacaan niat sholat dhuha adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Doa Mustajab Menanti Malam Lailatul Qadar

Selasa, 19 April 2022 | 11:26 WIB

Bacaan Doa Dzikir Pagi Puasa Ramadhan 2022

Jumat, 8 April 2022 | 05:32 WIB

Doa Niat Puasa Ramadhan dan Doa Buka Puasa

Selasa, 5 April 2022 | 14:24 WIB

Mengetahui Jumlah Surat dalam Al Quran

Rabu, 30 Maret 2022 | 07:00 WIB
X