• Jumat, 27 Mei 2022

Membaca Doa dan Amalan Saat Terbangun di Malam Hari

- Minggu, 23 Januari 2022 | 22:15 WIB
Membaca Doa dan Amalan Saat Terbangun di Malam Hari (Satrio Nusantoro)
Membaca Doa dan Amalan Saat Terbangun di Malam Hari (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Depok - Membaca doa tidur merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita terhadap Allah Swt. Rasulullah ﷺ menganjurkan kepada umatnya untuk senantiasa membaca doa setiap hendak melakukan aktivitas. Misalnya membaca doa saat terbangun di waktu malam hari.

Sebagaimana yang diriwayatkan dalam kitab Shahih Bukhari dari Ubadah bin Samith, dari Rasulullah ﷺ beliau bersabda:

“Siapa yang terbangun di malam hari, kemudian membaca: 
Laailaha illaallahi wahdahu laa syariikalah, lahul mulku walahul hamdu, wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadiir, wal hamdu lillah, wa subhaanallaahi wa laa ilaaha illa llaahu wallaahu akbar, wa laa haula walaa quwwata illaa billaah.”

Baca Juga: Info Lowongan Kerja di BPJS Kesehatan untuk S1 and S2, Dibuka hingga 30 Januari 2022

Artinya: “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, Yang Maha Esa lagi Maha kuasa. Tuhan langit dan bumi dan apa-apa yang berada diantaranya, Yang Maha mulia lagi Maha pengampun.”

Sementara dalam kitab at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Sunni, dari Abu Hurairah Radiyallahu anhu (RA) sungguh dia mendengar Rasulullah ﷺ ia berkata, jika seseorang dari kalian bangun dari tempat tidurnya pada sebagian malam, kemudian kembali untuk tidur lagi, hendaknya mengibaskan ujung kain sarungnya pada tempat tidur sebanyak 3 kali, kemudian ketika berbaring hendaknya membaca:

“Bismikallaahumma wadla’tu janbii wabika arfa’uhu in amsakta nafsii farhamhaa wa in radadtahaa fahfadzhaa bimaa tahfadzu bihii ibaadakas shaalihiin.”

Baca Juga: Mommy ASF Berkomentar, Beda Cerita Layangan Putus Versi Series dengan Asli: Asli Tentang Poligami

Artinya“Dengan menyebut nama-Mu wahai Tuhanku, letakkanlah badanku dan dengan zat-Mu aku mengangkatnya. Jika Engkau memanggil nyawaku, maka sayangilah dia, dan jika Engkau melepaskannya kembali, maka jagalah dia sebagaimana Engkau menjaga hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Selanjutnya dijelaskan juga dalam kitab Muwatha’nya Imam Malik, di akhir kitab shalah, pada bab doa, bahwa telah sampai kepadanya berita Abu Darda Radiyallahu anhu (RA), ketika bangun di tengah malam, dia membaca:

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Doa Mustajab Menanti Malam Lailatul Qadar

Selasa, 19 April 2022 | 11:26 WIB

Bacaan Doa Dzikir Pagi Puasa Ramadhan 2022

Jumat, 8 April 2022 | 05:32 WIB

Doa Niat Puasa Ramadhan dan Doa Buka Puasa

Selasa, 5 April 2022 | 14:24 WIB

Mengetahui Jumlah Surat dalam Al Quran

Rabu, 30 Maret 2022 | 07:00 WIB
X