• Kamis, 8 Desember 2022

Tata Cara Sholat Witir 3 Rakaat Sendiri Lengkap Dengan Bacaan Niat dan Doa

- Minggu, 20 Februari 2022 | 21:09 WIB
Ilustrasi Perempuan tengah melaksanakan ibadah sholat (Satrio Nusantoro)
Ilustrasi Perempuan tengah melaksanakan ibadah sholat (Satrio Nusantoro)

CeritaDepok.Com, Depok - Sholat witir adalah ibadah sunnah yang tata caranya dianjurkan usai mengerjakan sholat-sholat sunnah lainnya pada malam hari. Jadi, witir">sholat witir menjadi penutup dari ibadah qiyamul lail, seperti sholat tahajud, sholat hajat dan lainnya, serta sholat tarawih pada malam bulan Ramadhan.

Berbeda dengan sholat sunnah lainnya, Rasulullah SAW mengajarkan witir">sholat witir dilakukan dengan jumlah rakaat yang ganjil, yakni boleh satu rakaat saja, tiga rakaat, lima rakaat, hingga maksimal 11 rakaat. Anjuran untuk melaksanakan witir">sholat witir bisa ditemukan di sejumlah hadis.

Nabi Muhammad saw pernah bersabda: "(Sholat) Witir itu adalah hak setiap muslim, siapa yang lebih suka witir lima rakaat, maka kerjakanlah, dan barang siapa yang lebih suka witir satu rakaat, maka kerjakanlah," (Hadis shahih, riwayat abu Daud: 1212 dan al-Nasa'i: 1693).

Baca Juga: Shalat Tahajud di Waktu Hampir Mendekati Subuh, Apa Masih Bisa?

Dalam hadis lainnya, diriwayatkan bahwa Aisyah RA berkata: "Rasulullah SAW sholat 11 rakaat di antara sholat isya sampai terbit fajar. Beliau salam setiap dua rakaat dan mengerjakan witir">sholat witir dengan satu rakaat," (Hadis Shahih, riwayat Muslim: 1216).

Waktu pengerjaan witir">sholat witir adalah setelah mengerjakan sholat sunnah lainnya, dan boleh pada permulaan malam (sehabis isya), pertengahan malam, atau menjelang waktu subuh.

Hal ini sesuai dengan hadis yang meriwayatkan bahwa Aisyah RA pernah mengatakan: "Dari setiap malam, Nabi Muhammad SAW pernah mengerjakan witir">sholat witir pada permulaan malam, tengah malam, akhiran malam, dan berakhir pada waktu subuh," (Hadits shahih, riwayat Bukhari:941 dan Muslim: 1230).

Baca Juga: Pernikahan Out Of The Box Carlos Asal Mexico dan Selvi Asal Yogyakarta

Cara Sholat Witir Sendiri 3 Rakaat

Sholat witir bisa dikerjakan satu rakaat dan maksimal 11 rakaat. Setiap bulan Ramadhan, banyak umat muslim mengerjakan witir">sholat witir dengan tiga rakaat, terutama yang berjamaah di masjid. Namun, ada dua cara dalam melaksanakan witir">sholat witir tiga rakaat.

Cara pertama: witir">sholat witir tiga rakaat dikerjakan dengan dua kali salam. Pada cara pertama ini witir">sholat witir dikerjakan dengan 2 rakaat kemudian salam. Lalu, dilanjutkan dengan sholat satu rakaat yang diakhiri dengan salam.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semarak Perayaan Dies Natalis FIB UI KE 83

Senin, 5 Desember 2022 | 21:17 WIB

Cara Memakai Hijab Sesuai Syariat Islam

Kamis, 17 November 2022 | 08:56 WIB

3 Jenis Orang yang Doanya Lebih Cepat Diijabah

Jumat, 4 November 2022 | 13:42 WIB

Segera Kenali Lebih Jauh Apa Itu Autisme

Kamis, 13 Oktober 2022 | 03:30 WIB

Cara Membedakan Kurma Yang Asli Dan Yang Palsu

Senin, 3 Oktober 2022 | 12:49 WIB

Beberapa Doa Malam Hari Sebelum Tidur yang Menenangkan

Kamis, 29 September 2022 | 21:55 WIB

Shalat Jenazah, Sebuah Kewajiban Bagi Muslim

Senin, 5 September 2022 | 10:00 WIB

Beberapa Cara Cepat Belajar Ngaji pada Anak Usia Dini

Senin, 5 September 2022 | 08:22 WIB

Cara Mengerjakan Shalat Hajat, Niat dan Bacaan Doanya

Minggu, 21 Agustus 2022 | 16:43 WIB
X