• Sabtu, 2 Juli 2022

Arti dan Makna Tadarus dan Amalannya di Bulan Ramadan

- Kamis, 7 April 2022 | 07:00 WIB
Ilustrasi Membaca Al Qur'an (pixabay.com)
Ilustrasi Membaca Al Qur'an (pixabay.com)

CeritaDepok.Com, Depok - Tadarus berasal dari bahasa Arab yang artinya pembacaan kitab suci al-quran secara bersama-sama khususnya dalam bulan Ramaadan. Tadarus Quran juga salah satu ibadah yang sering digaungkan umata islam pada bulan puasan dengan membaca Alquran dan memahaminya.

Sedangkan dari makna bahasa, tadarus berasal dari asal kata darosa-yadrusu, yang artinya mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji, dan mengambil pelajaran. Lalu ketambahan huruf ta' di depannya sehingga menjadi tadaarosa-yatadaarosu, maka maknanya bertambah menjadi saling belajar atau mempelajari secara lebih mendalam.

Seperti definisi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) makna tadarus, yaitu membaca Alquran secara bersama-sama selama bulan Ramadan. Membaca bersama-sama ini dilakukan secara kelompok atau terkumpul dalam majelis taklim.

Baca Juga: Cuti Bersama Lebaran 2022 Empat Hari, Silahkan Catat Tanggalnya

Rasululllah SAW bersabda mengenai pentingnya tadarus dalam hadisnya berikut ini:

“Tidaklah berkumpul sekelompok orang di rumah-rumah Allah, mereka membaca Al-Quran dan mempelajarinya, kecuali akan turun atas mereka ketenangan, diliputi kasih sayang kepada mereka, dan Allah akan menyebut mereka ada di sisi-Nya,” (Diriwayatkan Abu Hurairah RA).

Orang yang senantiasa bertadarus akan diberikan ketenangan dan diangkat namanya di sisi Allah SWT. “Jagalah Alquran, demi Tuhanku yang jiwaku berada di tangan-Nya. Sesungguhnya (ayat-ayat Alquran yang telah dihapal) lebih mudah lepas dari ingatan daripada lepasnya unta dari ikatannya,” (Diriwayatkan Abu Musa al-Asy’ari RA)

Dengan bertadarus secara rutin, maka hafalan dan pemahaman Alquran dalam benak akan terjaga, berikut manfaat tadarus Alquran di bulan Ramadan.

Baca Juga: Permisan, Keindahan Tersembunyi di Nusakambangan

Manfaat Tadarus

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Doa Mustajab Menanti Malam Lailatul Qadar

Selasa, 19 April 2022 | 11:26 WIB

Bacaan Doa Dzikir Pagi Puasa Ramadhan 2022

Jumat, 8 April 2022 | 05:32 WIB

Doa Niat Puasa Ramadhan dan Doa Buka Puasa

Selasa, 5 April 2022 | 14:24 WIB

Mengetahui Jumlah Surat dalam Al Quran

Rabu, 30 Maret 2022 | 07:00 WIB
X