• Sabtu, 2 Juli 2022

Ayat Alquran dan Hadist Tentang Sabar yang Wajib Diteladani Kaum Muslim

- Jumat, 8 April 2022 | 13:26 WIB
Ilustrasi kumpulan ayat alquran dan hadist (Photo by Thirdman: https://www.pexels.com/)
Ilustrasi kumpulan ayat alquran dan hadist (Photo by Thirdman: https://www.pexels.com/)

CeritaDepok.Com, Depok - Hadist tentang sabar harus diketahui oleh semua orang karena merupakan sebuah sikap yang mempunyai banyak keutamaan. Allah SWT selalu memerintahkan kepada seluruh umat muslim untuk senantiasa bersabar melalui firman-firman-Nya dalam Alquran maupun hadits tentang sabar. Walaupun sangat tidak mudah dan selalu ada saja ujian yang menghampiri, sabar adalah salah satu sifat mulia yang sangat dicintai oleh Allah SWT.

Karena itu, Allah SWT menjanjikan pahala dan berkah yang sangat banyak untuk hamba-Nya yang sabar dalam menjalankan kehidupan, terlebih saat mereka mendapatkan musibah atau tengah berada di dalam masa yang sulit. Sabar juga merupakan kecenderungan untuk menunggu dengan tenang saat menghadapi rasa frustrasi atau sulit. Nah, berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai hadist tentang sabar yang disadur dari berbagai sumber.

Ayat Alquran Tentang Sabar

Sebelum mengetahui hadist tentang sabar, ada baiknya kita mengetahui terlebih ayat tentang sabar yang ada di dalam Alquran. Kesabaran ini sering dihubungkan dengan sifat mulia yang lain seperti keimanan, syukur, sholat, ikhlas, tawakkal, dan taqwa. Ini memperlihatkan bahwa sabar mempunyai kedudukan yang tinggi dalam ajaran Islam. Tentu saja orang yang bersabar juga mempunyai kedudukan istimewa di mata Allah SWT.

Baca Juga: Wali Kota Tinjau Rumah Ambruk, LPM Gandul: Terima Kasih Pemkot Depok

Setidaknya ada 103 kali kata sabar dan turunannya disebutkan di dalam Alquran. Hal ini memperlihatkan bahwa sabar adalah sebuah hal yang sangat penting. Ayat Alquran tentang kesabaran ini dikatakan dalam beberapa surat dan berbagai konteks. Berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. Ayat Alquran tentang Sabar dan Sholat
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar,” (QS Al-Baqarah: 153).

2. Ayat Alquran tentang Sabar dan Musibah
Artinya: “Dan sungguh akan Kami uji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar. Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un (Sesungguhnya kami milik Allah, dan kepadanya kami akan kembali)”,” (QS Al-Baqarah: 155-156).

Baca Juga: Bacaan Doa Dzikir Pagi Puasa Ramadhan 2022

3. Ayat Alquran tentang Sabar dan Taqwa
Artinya: “Ya (cukup). ‘Jika kamu bersabar dan bertakwa ketika mereka datang menyerang kamu secara tiba-tiba, niscaya Allah akan menolongmu dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda’,” (QS Ali Imran: 125).

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Doa Mustajab Menanti Malam Lailatul Qadar

Selasa, 19 April 2022 | 11:26 WIB

Bacaan Doa Dzikir Pagi Puasa Ramadhan 2022

Jumat, 8 April 2022 | 05:32 WIB

Doa Niat Puasa Ramadhan dan Doa Buka Puasa

Selasa, 5 April 2022 | 14:24 WIB

Mengetahui Jumlah Surat dalam Al Quran

Rabu, 30 Maret 2022 | 07:00 WIB
X