• Minggu, 2 Oktober 2022

Iluni FIB UI Masuk Desa, Membantu Pengelolaan Rumah Baca di Kopeng, Jawa Tengah

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 13:00 WIB
Ketua Bidang V ILUNI UI Dewi Fajar Marhaeni (kaos kuning) menyerahkan bantuan buku secara simbolis kepada Kepala Desa Ngablak Anny Anggraeni.  (Arsip ILUNI FIB-UI)
Ketua Bidang V ILUNI UI Dewi Fajar Marhaeni (kaos kuning) menyerahkan bantuan buku secara simbolis kepada Kepala Desa Ngablak Anny Anggraeni. (Arsip ILUNI FIB-UI)

CeritaDepok.Com, Magelang - Selepas Subuh, rombongan Ikatan Alumni Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (ILUNI FIB-UI) di bawah komando dari Ketua Bidang V atau Bidang Pengabdian Masyarakat Dewi Fajar Marhaeni berangkat dari Kampus FIB-UI, Kota Depok, menuju Kopeng pada Kamis 11 Agustus 2022.

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 8 jam, tibalah rombongan yang terdiri dari Qorihani, Oka Barta Daud, Gita Pragati, Ayi Suminar, Abrar Husin, dan Bonchie di Dusun Krangean, Desa Ngablak, Kopeng, yang lokasinya ada di kaki Gunung Merbabu, Jawa Tengah, dengan ketinggian 1100 mdpl.

Rumah Baca "Binukaning Kawruh". (Arsip ILUNI FIB-UI)

Dalam dinginnya hari dengan suhu udara sekitar 10 derajat celcius, mereka menurunkan total 1.125 buku cerita dongeng anak Nusantara untuk nantinya diserahkan pada tetua kampung di sana.

Baca Juga: Gerakan Literasi Anak Dan Remaja (Gelar) Berlangsung Meriah di Kampus FIB UI

Hari berganti, Jumat 12 Agustus 2022, rombongan ILUNI FIB-UI mulai mempersiapkan acara yang mereka beri nama “GELAR TIKAR” (Gerakan Literasi Anak dan Remaja, Berbakti dan Berkarya). “Mini Workshop Pengelolaan Rumah Baca” mereka adakan bertepatan dengan akan diresmikannya rumah baca di dusun tersebut pada Sabtu, keesokan harinya.

Tak hanya satu mini workshop, di Jumat sore nya pun mereka Kembali mengadakan “Mini Workshop Mendongeng” yang dihadiri oleh 25 komunitas baca dari beragam kalangan seperti anak-anak sekolah, anggota karang taruna, tim penggerak desa, dan komunitas baca yang berasal dari 16 desa.

Mini Workshop Pengelolaan Rumah Baca. (Arsip ILUNI FIB-UI)

GELAR TIKAR” merupakan pengembangan dari acara “GELAR” (Gerakan Literasi Anak dan Remaja) yang sudah menjadi agenda rutin ILUNI FIB-UI sejak tahun 2020 yang awalnya digagas oleh sejumlah punggawa ILUNI FIB-UI seperti Sussi Chan, Dewi Fajar Marhaeni, Qorihani, juga Heni Wiradimaja.

Baca Juga: Kunjungan Makara Art Center UI dan PPKB FIB-UI Ke Rumah Jeniper

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Beberapa Doa Malam Hari Sebelum Tidur yang Menenangkan

Kamis, 29 September 2022 | 21:55 WIB

Shalat Jenazah, Sebuah Kewajiban Bagi Muslim

Senin, 5 September 2022 | 10:00 WIB

Beberapa Cara Cepat Belajar Ngaji pada Anak Usia Dini

Senin, 5 September 2022 | 08:22 WIB

Cara Mengerjakan Shalat Hajat, Niat dan Bacaan Doanya

Minggu, 21 Agustus 2022 | 16:43 WIB

Niat Sholat Tahajud, Bacaan Latin dan Artinya

Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:00 WIB

Lirik Lagu Indonesia Pusaka, Ciptaan Ismail Marzuki

Selasa, 16 Agustus 2022 | 10:00 WIB

Ada ITE, Dodi: Jempolmu Harimaumu

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:19 WIB
X