Program Training Urban Farming, Kadin DKI : Urban Farming Salah Satu Strategi Ketahanan Pangan Perkotaan.

- Sabtu, 19 November 2022 | 04:21 WIB
Program Training Urban Farming, Kerjasama Kadin DKI Jakarta, UPI-YAI dan PT. GAL (Ganesha Agro Land) (Arsip Panitia)
Program Training Urban Farming, Kerjasama Kadin DKI Jakarta, UPI-YAI dan PT. GAL (Ganesha Agro Land) (Arsip Panitia)

Ceritadepok.com, Jakarta - Program Training Urban Farming, Kerjasama Kadin DKI Jakarta, UPI-YAI dan PT. GAL (Ganesha Agro Land)

Kadin DKI Jakarta sebagai salah satu inisiator dan pendukung KEDAIREKA Kemenristek sejak tahun 2020 kembali membuat terobosan dalam memberdayakan masyarakat DKI Jakarta agar pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat recovery ekonomi mikro terutama pelaku UMKM melalui Program Training Urban Farming, bekerjasama dengan Universitas Persada Indonesia (UPI-YAI) dan PT. Ganesha Agro Land (GAL).

Urban Farming ini adalah strategi ketahanan pangan di perkotaan, khususnya DKI Jakarta, kedepan KADIN DKI bersama PEMDA DKI yang memiliki lebih dari 300 RPTRA akan lebih dioptimalkan dengan penekanan memperkenalkan jiwa kewirausahaan dari Usia Dini", sambutan yang disampaikan oleh Akhmad Syarbini, WKU Bidang Koperasi & UMKM KADIN DKI Jakarta yang mewakili Ketua Umum KADIN DKI Jakarta, Ibu Hj. Diana Dewi.

Baca Juga: Tanamkan Makna Hari Pahlawan Bagi Anak-Anak dengan Cerita Boneka

Ketua Tim Pengusul KEDAIREKA Trikariastoto atau yang lebih populer dipanggil dengan nama Pak ST menjelaskan bahwa training yang bertema “Pelatihan Fasilitator Taman Bermain Kewirausahaan” ini diharapkan menjadi jembatan antara dunia pendidikan (Perguruan Tinggi) dan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) dapat menghasilkan sebuah inovasi yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dalam jangka panjang.

Firmansyah Dimmy yang mewakili PT. GAL (Ganesha Agro Land) menyoroti Urban Farming dari aspek sociopreneur dengan mengoptimalkan konsep 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) dalam ToT (Training on Trainer) yang berlangsung pada tanggal 18 November 2022 di Saung Nusantara, Pondok Ranggon, Jakarta Timur.

Joni Trianto, Arsitek ITB yang juga pegiat Urban Farming, dalam training ini menjelaskan tentang potensi dan prospek urban farming dengan menggunakan hidroponik, aquaponik dan permaculture.

Baca Juga: Upaya Pengendalian Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Oleh Pemerintah Jawa Barat

Dia menjelaskan bahwa Urban Farming saat ini menjadi opsi yang sangat prospektif, terlebih lagi dengan hadirnya otomatisasi dan smart farming. Joni juga menghimbau para planner dan arsitek harus mulai memasukkan elemen farming dalam beberapa konsep perencanaan terkait memperkaya global green movement. Sehingga Food Oasis juga bisa diwujudkan di tengah kota.

Dosen UPI-YAI, Nurina berpesan kepada para mahasiswa yang diharapkan bisa menjadi trainer teladan dalam Urban Farming bahwa momentum ToT ini perlu dimaksimalkan untuk membuka peluang usaha baru di bidang pertanian secara kreatif melalui game (permainan) yang menarik.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ibuprofen, Obat Pereda Nyeri Untuk Berbagai Kondisi

Senin, 9 Januari 2023 | 14:48 WIB

Semarak Perayaan Dies Natalis FIB UI KE 83

Senin, 5 Desember 2022 | 21:17 WIB

Cara Memakai Hijab Sesuai Syariat Islam

Kamis, 17 November 2022 | 08:56 WIB

3 Jenis Orang yang Doanya Lebih Cepat Diijabah

Jumat, 4 November 2022 | 13:42 WIB

Segera Kenali Lebih Jauh Apa Itu Autisme

Kamis, 13 Oktober 2022 | 03:30 WIB

Cara Membedakan Kurma Yang Asli Dan Yang Palsu

Senin, 3 Oktober 2022 | 12:49 WIB

Beberapa Doa Malam Hari Sebelum Tidur yang Menenangkan

Kamis, 29 September 2022 | 21:55 WIB

Shalat Jenazah, Sebuah Kewajiban Bagi Muslim

Senin, 5 September 2022 | 10:00 WIB

Beberapa Cara Cepat Belajar Ngaji pada Anak Usia Dini

Senin, 5 September 2022 | 08:22 WIB
X