Bahaya Game Disorder Akibat Kecanduan Gadget, Berikut Penjelasan Dr RSJ Grogol

- Rabu, 1 September 2021 | 19:35 WIB
 Waspada Dampak Buruk Bagi Kesehatan Fisik dan Mental Anak karene Terlalu Banyak Game Online (Surabaya Network/Wirawan Dwi)
Waspada Dampak Buruk Bagi Kesehatan Fisik dan Mental Anak karene Terlalu Banyak Game Online (Surabaya Network/Wirawan Dwi)

CeritaDepok.com - Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan atau lebih akrab di sebut RSJ Grogol di Jalan Prof. Dr. Latumeten No1 RT01/RW04 Jelambar, Grogol, Jakarta Barat saat ini lebih konsentrasi menangani anak-anak dengan gangguan Gadget akibat game online.

Menurut Dokter Sepesialis Jiwa di RSJ Dr. Soeharto Heerdjan, Dr Isa Multazam Noor aktifitas pasien anak dan remaja akibat kecanduan game online meningkat.

Dia mengatakan sebelum tahun 2017, pasien rawat inap setiap bulannya hanya satu. Sekarang sebulan ada dua yang dirawat inap. 

Baca Juga: Dies Natalis ke 58, IPB Diharapkan jadi Pelopor Inovasi Pertanian

Artinya, setiap bulannya ada dua warga Jakarta yang terpapar gangguan jiwa akut gara-gara game online.

Kalau yang rawat inap saja naik, apa lagi yang rawat jalan. Ada juga konsultasi ke dokter,” tutur Dr Isa.

Gangguannya beragam, sebagian besar karena terpapar Adiksi perilaku karena gawai.

Baca Juga: Sanksi Tilang Ganjil Genap di Jakarta Rp 500.000, Ini Daftar Kendaraan yang Kebal Ganjil Genap

“Kami punya panduan dari WHO, yang sudah menetapkan problem kecanduan game sebagai masalah perilaku adiktif. Yang perlu ditangani kesehatan jiwanya, atau Gaming Disorder,” kara Dr Isa.

Gangguan jiwa yang disebabkan oleh penggunaan gadget atau istilah kerennya gaming disorder memang merupakan gangguan karena si anak mengalami emosi perilaku, akibat ketergantungan gadget.

Halaman:

Editor: Rubiakto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X