• Jumat, 12 Agustus 2022

Waspadalah, 4 Aplikasi di Android Ini Bisa Membobol Rekening Secara Diam-Diam

- Rabu, 9 Maret 2022 | 17:31 WIB
Ilustrasi. Waspadalah, 4 Aplikasi di Android Ini Bisa Membobol Rekening Secara Diam-Diam (Pixabay.com)
Ilustrasi. Waspadalah, 4 Aplikasi di Android Ini Bisa Membobol Rekening Secara Diam-Diam (Pixabay.com)

CeritaDepok.Com, Depok - Keberadaan smartphone bagai dua mata sisi pisau yang berbeda. Di satu sisi bisa membantu kemudahan hidup penggunanya, tapi di sisi lain bisa merugikan jika tidak berhati-hati. Seperti yang terjadi kalau kamu memasang aplikasi ini di ponsel Androidmu.

Pasalnya, ada malware bernama SharkBot yang konon bisa membobol rekening kamu. Malware ini pertama kali ditemukan oleh Cleafy pada Oktober 2021. Belum lama ini, peneliti NCC Group menemukannya di Play Store.

Aplikasi ini mirip TeaBot, Flubot, dan Oscorp. ATS atau automatic transfer system adalah salah satu fitur yang memungkinkan hacker untuk mengirim uang dari rekening korban tanpa interaksi terlebih dahulu.

Baca Juga: Olahraga Akhir Pekan Di Grand Depok City

"Karena fitur ini bisa digunakan untuk mensimulasikan sentuhan/klik dan menekan tombol, fitur ini bisa digunakan tidak hanya untuk mentransfer uang secara otomatis tapi juga menginstal aplikasi atau komponen jahat lainnya," kata analis malware dari NCC Group Alberto Segura dan Rolf Govers, seperti dikutip dari The Hacker News.

Parahnya lagi, Sharkbot bisa menampilkan halaman overlay jika mendeteksi kalau ada aplikasi banking yang terbuka. Nantinya Sharkbot akan menyamar jadi aplikasi bank dan siap mencuri kredensial kamu. Seram banget, kan?

Jika ada SMS kode OTP masuk, aplikasi malware ini bisa menyembunyikannya sehingga pengguna tidak mengetahuinya. Jadi, buat kamu yang sudah terlanjur meng-install aplikasi ini, sebaiknya uninstall sekarang juga dan me-reset ponsel kamu.

Baca Juga: Melihat Sejarah di Balik Peringatan Hari Musik Nasional Setiap Tanggal 9 Maret

Saat ini malware SharkBot sudah ditemukan di empat aplikasi antivirus yang beredar di Play Store. Aplikasi-aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 57.000 kali dan saat ini semuanya masih ada di toko aplikasi Google tersebut.

Pengguna yang sudah terlanjur menginstal aplikasi-aplikasi ini sebaiknya segera menghapusnya dari ponsel dan me-reset perangkatnya.

Halaman:

Editor: Satrio Nusantoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lewat WhatsApp

Selasa, 25 Januari 2022 | 07:00 WIB
X